Jumat, 21 Maret 2014

Rangkuman Materi Komputer Dan Masyarakat // meet 1-7

PERBEDAAN PERKEMBANGAN TEKNOLOGI KOMPUTER DNG TEKNOLOGI LAIN :

KURANG 3 DASAWARSA PERKEMBANGAN TEKNOLOGI KOMPUTER:KOMPUTER MAINFRAME KE LAPTOP/NOTEBOOK, BERBEDA DENGAN TEKNOLOGI LAIN.
PERANGKAT LUNAK :

-                PROGRAM KOMPUTER—SEKUMPULAN PERINTAH—YANG BILA DIEKSEKUSI MEMBERIKAN FUNGSI DAN KINERJA YANG DIINGINKAN.

-                STRUKTUR DATA YANG MEMUNGKINKAN PROGRAM MEMANIPULASI INFORMASI SECARA PROPORSIONAL.

-                DOKUMEN YANG MENGGAMBARKAN OPERASI DAN KEGUNAAN PROGRAM.
AREA PERANGKAT LUNAK :

(1)         PERANGKAT LUNAK SISTEM :
         SEKUMPULAN PROGRAM YANG DIGUNAKAN UNTUK MELAYANI PROGRAM LAIN.
         CONTOH : COMPILER, EDITOR, UTILITY, OPERATING SYSTEM, DRIVER, PROCESSOR OF TELECOMMUNICATION.

(2) PERANGKAT LUNAK RAEL-TIME :
SEKUMPULAN PROGRAM YANG MEMONITOR / MENGANALISIS / MENGONTROL EVENT THE REAL WORLD DIMANA SISTEMNYA HARUS MERESPON DALAM RENTANG WAKTU YANG TETAP.
           
(3) PERANGKAT LUNAK BISNIS :
UNTUK MENYUSUN STRUKTUR DATA KEMBALI DENGAN CARA TERTENTU DAN MEMPERLANCAR OPERASI BISNIS / PENGAMBILAN KEPUTUSAN MANAJEMEN.
CONTOH : PAYROLL, A/R DAN A/P, INVENTORY DLL.

(1)         PERANGKAT LUNAK TEKNIK DAN ILMU
PENGETAHUAN :
MENGGUNAKAN ALGORITMA NUMBER-CRUNCHING DAN BERKEMBANG MENJAUH DARI ALGORITMA NUMERIK.
CONTOH : CAD, SIMULASI SISTEM DAN APLIKASI INTERAKTIF

(5) EMBEDDED SOFTWARE :
DALAM READ ONLY MEMORY, MELAKUKAN FUNGSI TERBATAS DAN FUNGSI ESOTERIK SERTA FUNGSI PENEGNDALIAN.
CONTOH : FUNGSI DIGITAL DI MOBIL : KONTROL BAHAN BAKAR, SISTEM REM DAN PENAMPILAN DASH-BOARD.

(6) PERANGKAT LUNAK KOMPUTER PESONAL :
CONTOH : WORDPROCESSOR, SPREADSHEET, GRAFIK KOMPUTER, MULTIMEDIA, HIBURAN, MANAJEMN DATABASE, APLIKASI KEUANGAN BISNIS / PRIBADI, JARINGAN EKSTERNAL / AKSES DATABASE.

(7) PERANGKAT LUNAK KECERDASAN BUATAN :
MENGGUNAKAN ALGORITMA NON-NUMERIK à PEMECAHAN MASALAH KOMPLEKS—BUKAN PERHITUNGAN / ANALISIS LANGSUNG.


ARTIFICIAL INTELLIGENCE

SUATU BAGIAN ILMU KOMPUTER BERTUJUAN : KOMPUTER BEKERJA SEPERTI MANUSIA DAN GABUNGAN CARA BERPIKIR MANUSIA DNG MESIN à PENGAMBILAN KEPUTUSAN, PEMECAHAN MASALAH, DAN PEMBELAJARAN.
KAWASAN APLIKASI YANG DIKAJI :

(1)         ROBOT DAN OTOMASI INDUSTRIà DAERAH KERJA YANG BERBAHAYA; MIS : PEK. BAWAH LAUT, RUANG ANGKASA, PENGELASAN DLL.
(2)         OTOMASI PERKANTORAN;
(3)         TELEKOMUNIKASI, MIS : LAN DAN INTERNET;
(4)         SISTEM UANG ELEKTRONIK, MIS : ATM DAN POINT OF SALE TERMINAL;
(5)         PERSONAL COMPUTER;
(6)         PENGOLAH MIKRO TERPADU DNG KAMERA, MOBIL, TV, DAN MICROWAVE à MENGHEMAT ENERGI;
(7)         PROFESI PELAYANAN, MIS : PENDIDIKAN, MEDIS, HUKUM, DAN JASA;

KELOMPOK SYSTEM SOFTWARE :
(1)               OPERATING SYSTEM :
(2)               UTILITY SOFTWARE
(3)               LANGUAGE SOFTWARE
KELOMPOK APPLICATION SOFTWARE :
(1)               GENERAL PURPOSE
(2)               SPECIAL PURPOSE

PENYEBAB PERMASALAHAN ETIKA DALAM SISTEM INFORMASI :
(1)         Pengaruh TI yang mendalam à Kehidupan manusia yang terkait dengan etika;
(2)         Manajer yang menentukan penerapan TI ke organisasi à bertanggungjawab permasalahan etika.

PERMASALAHAN ETIKA DALAM LINGKUNGAN SISTEM INFORMASI :
(1)                           Privacy
(2)                           Intelectual Property Right;
(3)                           Penghentian kerja;
(4)                           Security;
(5)                           Accuracy and Health

PRIVACY :
(1)   Tuntutan seseorang untuk tidak dicampuri, diawasi/diganggu oleh orang-lain / organisasi maupun negara.
(2)   Tuntutan privacy seseorang dilindungi oleh beberapa undang-undang di beberapa negara.
PERKEMBANGAN ARPANET :
-           AWAL 1980-AN, ARPANET TERPECAH MENJADI DUA JARINGAN, YAITU ARPANET DAN MILNET (SEBUAH JARINGAN MILITER), YANG SALING TERHUBUNG.
-           JARINGAN INTERKONEKSI INI DISEBUT DARPA INTERNET, TAPI LAMA-KELAMAAN DISEBUT SEBAGAI INTERNET SAJA.
-   KAPAN INTERNET MASUK KE INDONESIA?
-    
-       -    LAYANAN INTERNET KOMERSIAL PADA SEKITAR 1994  DI INDONESIA.
-       -   DIPELOPORI  PERGURUAN TINGGI UNIVERSITAS INDONESIA YANG TERSAMBUNG DENGAN JARINGAN INTERNET MELALUI GATEWAY YANG MENGHUBUNGKAN UNIVERSITAS DENGAN NETWORK DI LUAR NEGERI.
PERAN SISTEM TEKNOLOGI INFORMASI à ORGANISASI :
(1)               EFISIENSI
(2)               EFEKTIVITAS
(3)               KOMUNIKASI
(4)               KOLABORASI
(5)               KOMPETITIF
ERA GLOBAL NETWORK  (1990 – NOW) :
ANN   --ARTIFICIAL NEURAL NETWORK :
-       SISTEM TEKNOLOGI INFO. YANG MENIRU KERJA JARINGAN SYARAF OTAK;
-       UNTUK MEMILIH SAHAM TERBAIK DI PASAR MODAL.

GSS--GROUP SUPPORT SYSTEM :
-       DSS UNTUK TEAM à SINERGI DAN KONTAK SOSIAL;
GIS--GEOGRAPHIC INFORMATION SYSTEM :
-       JARINGAN TOKO WALLMART DALAM PETA WILAYAH UNTUK MELIHAT PERGESERAN PRILAKU KONSUMEN DI SUATU WILAYAH.

ERA NETWORK (1980-1990) :
EIS                  : EXECUTIVE INFORMATION SYSTEM
-       PERSAINGAN KETAT ANTAR PELAKU BISNIS à EIS;

SIS                  : STATEGIC INFORMATION SYSTEM

ERA INFORMASI (1970-1980) :
DSS                 : DESICION SUPPORT SYSTEM
OAS                : OFFICE AUTOMATION SYSTEM
ES                   : EXPERT SYSTEM

ERA OPERASIONAL (1960-1970) :
SIM                 : MANAGEMENT INFORMATION SYSTEM
PCS                 : PROCESSING CONTROL SYSTEM

ERA AKUNTANSI (1950-1960) :
TPS                 : PROCESSING CONTROL SYSTEM

Tidak ada komentar:

Posting Komentar